RIAU

KPKD Dalam Rapat Kerja Tegaskan Peran Strategis Media Pada Pilkada Depok 2024

Depok | Expose Online.co.id

Komite Pers Kota Depok (KPKD) yang terdiri dari sembilan komunitas wartawan mengadakan rapat penting untuk membahas peran KPKD dalam mengedukasi pemilih melalui peran media pada Pilkada Depok 2024 yang dilaksanakan di kantor sekretariat KPKD, Jalan STM Mandiri No 161, Pancoran Mas, Depok, Rabu malam (21/8/2024).

Pada pertemuan itu semua ketua komunitas yang bergabung di KPKD sepakat memulai langkah awal program kerja mengawal jalannya pelaksanaan Pilkada Kota Depok 2024 dengan menyajikan berita berita berimbang antara paslon satu dengan paslon yang lain dengan mengedepankan jurnaslim berintegritas.

KPKD merupakan gabungan dari organisasi yakni Mitra Pers Depok (MPD), SWI Kota Depok, Sahabat Jurnalis Depok, Forward, Asosiasi Wartawan Nasional (Awan), PWRI-B Kota Depok, Perkumpulan Jurnalis Peduli Masyarakat (PJPM), Majelis Pers Depok (MPD), hingga MIO Indonesia. Semua pihak sepakat bahwa media, sebagai pilar keempat demokrasi, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga stabilitas sosial dan politik di Kota Depok, terutama menjelang Pilkada 2024.

” Mari kita sampaikan berita berita yang memberikan edukasi kepada masyarakat Depok dan hindari berita Hoaks,” ujar Tuhari Arek selaku koordinator KPKD.

Peran Kunci Media dalam Demokrasi

Koordinator KPKD, Tuhari, yang akrab disapa Arek, menegaskan bahwa pembentukan KPKD adalah hasil dari diskusi dan pemikiran kolektif dari seluruh ketua organisasi wartawan di Depok. Menurutnya, KPKD lahir sebagai bentuk tanggung jawab moral pers untuk turut serta dalam menjaga stabilitas dan keharmonisan masyarakat.

“KPKD adalah langkah nyata kami untuk turut serta memajukan Kota Depok serta menjaga stabilitas ketertiban dan kerukunan masyarakat sesuai peran kami selaku pers,” ujar Arek dengan penuh semangat.

Ia juga menekankan pentingnya media dalam menciptakan suasana damai melalui pemberitaan yang berimbang dan edukatif. Peran ini dianggap vital dalam membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan proses pemilu berjalan lancar dan sesuai harapan semua pihak.

Program Kerja Berkelanjutan

Lebih lanjut, Arek menjelaskan bahwa KPKD telah menyusun serangkaian program kerja dengan visi jangka pendek, menengah, dan panjang. Program-program ini difokuskan pada pembangunan kapasitas wartawan yang berintegritas dan berperan aktif dalam menjaga stabilitas serta mendukung pembangunan bangsa.

“Program-program ini selaras dengan visi kami untuk menjadikan wartawan sebagai garda terdepan dalam menjaga keharmonisan sosial dan memajukan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu, Herry Budiman, tokoh pers dari SWI yang juga menjabat sebagai Ketua Presidium KPKD, menekankan pentingnya menjaga kekompakan dan semangat kebersamaan di antara anggota.

Ia menegaskan bahwa persatuan adalah kunci agar KPKD bisa mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak.

“Hanya dengan semangat persatuan inilah KPKD akan mendapat sambutan positif dari semua pihak,” tegasnya.

Sinergi dengan Pemerintah dan Aksi Kemanusiaan

Dalam waktu dekat, KPKD berencana untuk segera menggelar rapat kerja guna merampungkan rencana implementasi program-program yang telah disusun. Salah satu program utama yang akan diusung adalah aksi kemanusiaan dan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang aktual dan edukatif.

“Kami berharap Forkopimda Kota Depok dapat bersinergi dengan KPKD untuk mencapai tujuan bersama,” pungkas Herry.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen tinggi, KPKD siap mengawal Pilkada Depok 2024, memastikan terciptanya pemilu yang damai, bermartabat, dan membawa manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.(Irfan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: