BogorJAWA BARAT

Pengajian Rutin PWI Bogor, Ustad Sogir : Orang Yang Berbelas Kasih Akan Mendapatkan Belas Kasih Dari Allah

Kab. Bogor, Expose Online.co.id-Pengajian rutin PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Kabupaten Bogor yang dilaksanakan setiap hari Rabu malam Kamis kali ini mengambil tema “ Cintailah Sesama Makhluk Niscaya Penduduk Langit Akan Mengasihimu.” yang dilaksanakan di Musholla PWI, kantor Graha Wartawan, jalan Tegar Beriman, Rabu 22 Mei 2024.

Ustad Sogir selaku penceramah rutin menjelaskan bahwa kita sebagai makhluk Allah agar selalu berbelas kasih kepada sesama, tidak hanya kepada manusia tetapi kepada makhluk hidup lainnya, seperti kucing, ayam dan binatang lainnya.

“Manusia sebagai makhluk yang mulia sudah seharusnya menunjukkan kasih sayangnya kepada seluruh makhluk ciptaan Allah. Tak hanya kepada sesama manusia, tetapi juga kepada makhluk lainnya, seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, juga lingkungan,”jelas Ustadz Sogir.
”Orang-orang yang berbelas kasih akan mendapatkan belas kasih dari (Allah) Yang Maha Pengasih. Karena itu, berbelas kasihlah kepada setiap makhluk di bumi, niscaya ‘penduduk langit’ akan mengasihimu.”
Dikatakan Ustadz Sogir Mahabbah (cinta) adalah salah satu nikmat rasa yang Allah anugerahkan kepada manusia sebagai bentuk sayangnya Allah kepada makhluk-Nya. Betapa pentingnya perasaan ini sampai dalam sebuah hadis, Nabi Muhammad mengorelasikannya dengan keimanan.
“Dari Anas dari Nabi Saw bersabda: Tidaklah beriman seseorang diantara kalian sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.”(HR. Bukhari)
Hadis di atas menunjukkan bahwa keimanan seseorang dapat dikatakan sempurna apabila ia bisa mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri, sepanjang dalam hal kebaikan. Saudara yang dimaksud disini tidak terbatas hanya saudara kandung, saudara seayah atau seibu, akan tetapi lebih luas lagi mencakup saudara sesama manusia.
Lebih lanjut Ustad Sogir menjelaskan Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat. Saling memberi, menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing sebagai sesama makhluk Tuhan merupakan satu cara untuk menjaga keberlangsungan hidup. Namun perlu disadari, ketergantungan dengan orang lain tidak akan langgeng bila hanya berdasarkan unsur kepentingan. Oleh karena itu, Nabi Muhammad menganjurkan agar mencintai sesama manusia secara tulus karena Allah dan tidak boleh melebihi cintanya kepada Allah dan Rasul-Nya.
Pengajian rutin kemudian ditutup dengan membuka tanya jawab dari jamaah yang hadir dan diakhiri dengan sholat Isya berjamaah.
Alhamdulillah Ustadz Sogir selalu istiqomah dan konsisten selalau mengisi jadwal pengajian Majelis Al Ikhbar PWI, Gedung Graha Wartawan Kabupaten Bogor. Dan beliau saat ini terpilih menjadi Anggota Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa Daerah Pemilihan 1, yang terus menggerakkan dakwah nya mengajak ummat agar hidup ber akhlaq supaya hidup benar, jangan hidup merasa benar. Beliau juga berkomitmen akan manfaatkan jabatannya untuk kepntingan ummat bukan kepntingan pribadi, ungkapnya. (Irfan Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *