Indramayu

4 Orang Tenggelam di Pantai Cemara Indah Balongan, 3 Diantaranya Merupakan Anak-anak

Indramayu |Exposeonline.co.id- Kapolsek Balongan Iptu Wawan, mengatakan bahwa telah terjadi korban tenggelam di objek Wisata Pantai Cemara Indah, Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. pada, Minggu 12 Mei 2024 sekira pukul 10.15 WIB.

Menurut Wawan, korban tenggelam itu bernama Suntono Bin Warsan (46), M. Zaki Abdilah Bin Ipan Masrur (10), Azka Ubaidilah Bin Suntono (Alm) (10) dan Evan Ziggy Saperio Bin Ade Nuryaman (11).

“Semua korban tenggelam warga Desa Malang Semirang, Kecamatan Jatibarang, Indramayu,” kata Wawan, Minggu (12/5/2024).

Menurut keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian, kata Wawan, keempat orang tersebut, berenang di Pantai Cemara Indah dengan jarak lebih kurang 7 meter dari bibir pantai di kedalaman kurang lebuh 1,5 meter.

“Suntono tiba-tiba melihat anaknya dan ke 2 temanya terbawa arus ombak ke tengah di kedalaman 3 meter, kemudian Suntono meminta pertolongan kepada Tim SAR dan pengunjung objek wisata, lalu Sutono bergegas menolong anaknya dan ke 2 temannya, akan tetapi malah Suntono terbawa arus ombak karena tidak bisa berenang,” kata Wawan.

Mengetahui kejadian tersebut Tim SAR dan pengunjung wisata, kata Wawan, bergegas menolong ke 4 orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam.

Kemudian ke 4 orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam dapat dievakuasi ke bibir pantai.

“Para korban lalu dibawa ke RS Bumi Patra untuk dilakukan penanganan medis,” kata Wawan.

Sedangkan Laporan dari
Kasat Pol Airud, Mengatakan

Perihal : Adanya Korban Tenggelam di objek wisata pantai Cemara Indah, Desa Balongan, Rt : 002/001, Kec. Balongan, Kab. Indramayu.

Dari Fakta yang terdata
pada hari Minggu 12 Mei 2024. Sekira Pkl. 10.15.Wib.
telah terjadi Korban Tenggelam di objek wisata pantai Crmara Indah, Desa Balongan, Rt : 002/001, Kec. Balongan, Kab. Indramayu, dengan identitas Sbb :

1. SUNTONO Bin WARSAN, Laki – laki, 46 tahun, Wiraswasta, Desa Malang semirang, Rt : 011/002, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu.
2. M. ZAKI ABDILAH Bin IPAN MASRUR, Laki-laki 10 tahun,
Pelajar, Desa Malang semirang, Rt : 002/01, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu.
3. AZKA UBAIDILAH SABIL Bin SUNTONO (Alm), Laki-laki 10 tahun,
Pelajar, Desa Malang semirang, Rt : 011/002, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu.
4. EVAN ZIGGY SAPERIO Bin ADE NURYAMAN, Laki-laki 11 tahun
Pelajar, Desa Malang semirang, Rt : 011/002, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu.

B. Menurut keterangan Saksi-Saksi :
1. JENAL, Laki-laki, 40 tahun, wiraswasta, Desa Blaongan, Blok. Kesambi RT 002/001, Kec. Balongan, Kab. Indramayu. (Petugas tim sar pantai Cemara Indah).
2. NURUL HUDA 57 tahun, PNS, Desa Tegalurung, RT : 012/003. Kec. Balongan, Kab. Indramayu. (Pengunjung pantai Cemara Indah).
3. TONAH Binti WARJO, 44 tahun, IRt, Desa Malang semirang, Rt : 011/002
Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu. (Istri Korban).
Menjelaskan Sbb :
Pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2022. Sekira pukul 10.05.Wib. ketika SUNTONO Bin WARSAN, M. ZAKI ABDILAH Bin IPAN MASRUR,
AZKA UBAIDILAH SABIL Bin SUNTONO dan EVAN ZIGGY SAPERIO Bin ADE NURYAMAN. Sedang berenang di pantai Cemara Indah dengan jarak -+ 7 M dari bibir Pantai di kedalaman -+ 1,5 M, tiba tiba melihat anaknya dan ke 2 (Dua) temanya terbawa arus ombak ke tengah di kedalaman -+ 3 M, kemudian SUNTONO Bin WARSAN meminta pertolongan kepada tim sar, pengunjung objek wisata dan bergegas menolong anaknya dan ke 2 (Dua) temanya akan tetapi malah SUTONO BIN WARSAN malah terbawa arus ombak karena tidak bisa berenang, mengetahui kejadian tersebut tim sar dan pengunjung wisata bergegas menolong ke 4 (Empat) orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam, kemudian ke 4 (Empat) orang yang terbawa arus ombak dan tenggelam dapat di evakuasi ke bibir pantai kemudian dibawa ke RS Bumi Patra untuk dilakukan penanganan medis.

Menghimbau kepada pengunjung untuk meninggalkan lokasi objek wisata Cemara Indah dikarenakan situasi cuaca buruk.
-. Atas kesepakatan antara pengelola, BPBD, Sat Pol Air Polres Indramayu untuk sementara waktu objek wisata Cemara Indah di tutup sementara.
-. Untuk pengelola Objek wisata pantai Cemara Indah akan di minta keteranganya di Mapolsek Balongan.

Personil yang melakukan Cek TKP dipimpin Kapolsek Balongan IPTU WAWAN, S.H., M.Si. Sbb :
1. AIPTU SUGIANTO.
2. AIPTU NURSALIM.
3. AIPDA TABRONI.
4. AIPDA DANDAN.
5. BRIPKA IMAN.
6. BRIPKA ADANG.
7. BRIPTU HAKIM.
Pawas Polres Indramayu :
1. IPDA TRI PRASETYO.

Kasat Pol Air Polres Indramayu :
1. AKP ASEP SURYANA, S.E.
2. AIPTU ASEP.
3. BRIPKA NURSA

Hasil Pemeriksaan Team INAFIS Polres Indramayu Sbb :
1. BRIPKA AGUNG.
2. BRIPDA TEGUH REJA
3. PHL MUJAHIDIN

Di Tubuh korban tidak ditemukan luka maupun tanda tanda kekerasan dan meninggalnya Korban dikarenakan tenggelam.

Hasil Pemeriksaan petugas medis RS Bumi Patra :
1. dr. TIARA ANGGUN
Di Tubuh korban tidak ditemukan luka maupun tanda tanda kekerasan dan meninggalnya Korban dikarenakan
dikarebakan tenggelam.

CATATAN
Dengan adanya kejadian tersebut Sdr. SUNTONO Bin WARSAN setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis RS Bumi Patra dr. TIARA ANGGUN dinyatakan meninggal dunia.

Anak Korban AZKA UBAIDILAH SABIL Bin SUNTONO dan ke 2 ( Dua) temenya M. ZAKI ABDILAH Bin IPAN MASRUR dan EVAN ZIGGY SAPERIO Bin ADE NURYAMAN selamat dan di rawat di RS Bumi Patra.

Dengan adanya kejadian tersebut pihak keluarga Korban Mengikhlaskan meninggalnya Korban dan menganggap kejadian ini sebagai musibah serta tidak akan melakukan Otopsi kepada Jenazah Korban.

Sampai dengan saat ini situasi Kamtibmas di wilayah Kec. Balongan masih dalam keadaan aman kondusif, Demikian dilaporkan Komandan.***(Jimi Puji Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *