NTBPOLITIK

Pasca Kebakaran Pasar Leuwiliang, Bupati Bogor Iwan Setiawan Temui Pedagang

Kab. Bogor, Expose Online.co.id

Pasca kebakaran yang menghanguskan ribuan lapak dagangan, Forkopimda Kabupaten Bogor mengunjungi lokasi kebakaran dan bertemu dengan para pedagang Pasar Leuwiliang, Jumat (29 September 2023).

“Hari ini sengaja saya datang untuk melihat langsung keadaan pasca kebakaran, gedung mana saja yang terbakar. Ya ternyata hampir 90 persen lapak pedagang terbakar,” kata Bupati Bogor Iwan Setiawan usai melihat langsung kondisi pasar Leuwiliang.

Untuk penanganan jangka pendek, Pemkab Bogor bakal merelokasi para pedagang. Saat ini, pihaknya tengah menginventarisasi beberapa lokasi untuk menentukan tempat relokasi yang layak untuk para pedagang.

“Data sementara yang dihimpun, ada 1.231 pedagang yang terdampak kebakaran,” jelasnya.

Bahkan menurut Iwan, ada Informasi dari Camat Leuwiliang kalau ada tanah pemda dekat terminal Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan bisa segera ditempatkan di situ. Tapi kita juga harus mempersiapkan kelayakan pasar sementara itu, sarana dan prasarana juga harus dibangun dulu,” ungkap Iwan.

Selain itu Iwan menegaskan fasilitas dan lainnya harus segera dipikirkan untuk para pedagang, mudah-mudahan cukup untuk di relokasi ke tempat yang memang layak.

Terkait kebutuhan anggaran, Iwan Setiawan akan segera mengumpulkan jajarannya, termasuk berkoordinasi dengan DPRD untuk membahasnya bersama-sama.

“Yang paling memungkinkan, penanganan jangka pendek akan menggunakan anggaran dari belanja tak terduga (BTT),” tambahnya.

Namun Iwan meminta para pedagang tertib di dalam pengaturannya, jangan sampai di musibah ini ada yang menunggangi.

“Pemerintah hadir di sini untuk mengambil langkah strategis, masyarakat kembali ada harapan, bisa kembali berjualan,” tegas Iwan Setiawan.

Bahkan saat meninjau kios yang terbakar, Iwan Setiawan sempat berdialog dengan beberapa pedagang dan menanyakan langsung kondisi mereka. Iwan meminta area kebakaran disterilkan dulu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. (Irfan Lubis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *